Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Belajar Apa?


Hi there!
Jika sebelumnya teman-teman sudah membaca tulisan saya yang INI, maka kalian pasti sudah tahu kira-kira mengapa saya ingin menulis tema ini. Hehee..
Ya. Sama halnya seperti saya dulu, saya yakin bahwa banyak siswa, utamanya kelas 3 SMA, sudah mulai bingung menentukan jurusan kuliahnya. Bisa jadi diantara kalian pula ada yang bertanya-tanya,
“Jurusan kependidikan itu gimana sih? Apa belajar ngajar terus?”
“Alah Bahasa Inggris. Udah bisa… Palingan ya nanti belajar itu-itu aja..”
“Bahasa Inggris kan bisa dipelajari di tempat kursus. Kenapa harus kuliah?”
“Bahasa mah, bisa otodidak belajarnya..”
Dan kalimat-kalimat sebangsanya. : )

Oh ya, sebelumnya, saya informasikan kepada pembaca sekalian bahwa saya adalah mahasiswa (semester 3) Pendidikan Bahasa Inggris di UM (Universitas Negeri Malang). Jadi, apa yang saya sampaikan disini bisa jadi tidak sama (atau sedikit berbeda) dengan perguruan tinggi lain. :3

Untuk memulai, biar nantinya lebih mudeng, ini saya berikan gambaran silsilah prodi Pendidikan Bahasa Inggris.



Nah, seperti yang dapat kita simpulkan dari gambar diatas, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Malang (UM) tidak berada di bawah Fakultas Ilmu Budaya atau Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), melainkan berada dibawah naungan Fakultas Sastra, Jurusan Sastra Inggris. Jika teman-teman bertanya mengapa, saya juga tidak tahu alasannya, hehe. Yang jelas, menurut saya sih sah-sah saja. Karena Pendidikan Bahasa Inggris mencakup keduanya, Sastra dan Pendidikan (walaupun pelajaran kesusastraannya tidak sedalam sastra murni). Masuk akal kan? :D

Jika kalian bertanya-tanya, “Belajar apa aja sih, di prodi Pendidikan Bahasa Inggris?” Nahh.. disini saya bisa bantu memberi gambaran untuk mengurangi kegamangan yang mungkin melanda teman-teman sekalian yang bingung menentukan prodi/jurusan kuliah. *Eaaak XD

Langsung saja ya, jadi di prodi ini, mata kuliah dapat dibagi menjadi 2 jenis :
1. Skill Course : Mata kuliah yang membantu meningkatkan keterampilan Bahasa Inggris kita yang meliputi Intensive course (Reading, Writing, Listening, Speaking, Grammar, dan Vocabulary), Rangkaian mata kuliah Reading, Listening, dan Grammar (punya tingkatan : Basic – Intermediate – Advanced), Essay Writing, Argumentative Writing, Speaking for Informal and Formal Interaction, Speaking for Academic Purposes, dan lain sebangsanya.
2. Content Course : Mata kuliah yang tujuannya bukan melatih keterampilan kita, melainkan memaksa kita untuk memahami teori, menghafal istilah-istilah ilmiah, dan juga mata kuliah yang bertujuan meningkatkan kemampuan mengajar dan integritas sorang guru sekaligus ahli bahasa :D . Contoh content course di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris ini misalnya: Introduction to Education, Learning and Teaching, Linguistics, Literature, Learner’s Development, culture study, dan tetek bengeknya.

Karena terlalu banyak jika disebutkan satu per satu, nih, saya fotokan nama-nama mata kuliah untuk jenjang S1 Prodi Pendidikan Bahasa Inggris di UM. ^^






Nah, sekian dulu tulisan tentang mata kuliah yang bakal dipelajari mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris ini. Silakan dicermati daftar mata kuliahnya, dan pertimbangkan dengan baik apakah kalian benar-benar bisa mempelajari semuanya secara otodidak! :P
Hahaha..
NB: Kalau gambarnya kurang jelas, download aja, terus ZOOM! :3
Semoga teman-teman yang awalnya bimbang jadi tercerahkan, dan yang awalnya bingung jadi terputuskan. Semoga bermanfaat.

Cheerio!
Alvi Rosyidah
@alvrose_

Komentar

  1. Hahahahaha, "ngapain ambil jurusan bahasa?"

    Udah lah kalau buat aku ga usah dibahas, mau tamat soalnya.

    Itulah, untuk bahasan kamu di sini huehehe.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Lagu "The Masterplan" - Oasis

Analisis Lirik Lagu Little by Little - Oasis (Bagian 1) | Literal Translation dan Beberapa Catatan Penting

Terjemahan Bebas dan Analisis Lirik Lagu Little by Little - Oasis (Bagian 2)

Bahaya Jas Almamater (dan Sebangsanya)

5 Film dengan Soundtrack Lagu The Beatles

Resensi dan Review Buku Brianna dan Bottomwise [Andrea Hirata]

7 Alasan Mencela Diriku - Kahlil Gibran

Terjemahan Bebas dan Analisis Makna Lirik Lagu "Some Might Say" - Oasis

Masa Tergesa, dan Aku Ditelan Waktu | Terjemahan Bebas Lagu “I’m Outta Time” oleh Oasis

Waktu, Jawaban untuk Pikiranmu yang Tak Pernah Tenang Itu | Analisis Video dan Lirik Lagu "Only Time" - Enya