Observasi Partisipatoris Bersama DKP Kota Malang - 10 November 2016




Hai haii…
Kembali lagi dengan saya, Alvi Rosyidah, dalam blog yang tidak begitu terurus ini :3
Maafkan akuu… beberapa minggu ini sibuk terus, kuliah, ngeles-i, ngerjakan tugas, belajar buat ulangan, dkk. Sebenarnya minggu ini (tgl 5-9 Desember) aku final test. Tapi berhubung aku kangen ngetik buat blog, kangen ngerubah design blog, jadinya aku posting deh. *halah bilang aja males belajar :3*  Wkwk.. Nggaak laah… Belajar itu wajib, hanya saja ini yang disebut orang-orang sebagai refreshing. XD

Malam ini saya ingin bercerita mengenai suatu pengalaman yang berkesan sekali, Observasi Partisipatoris Bersama Petugas DKP Kota Malang yang kami laksanakan pada tanggal 10 November 2016. Kegiatan ini sebenarnya adalah tugas Observasi dari dosen mata kuliah Islam Education saya, Bapak Ahmad Munjin Nasih. Kami sekelas dibagi menjadi beberapa kelompok yang mana setiap kelompok terdiri dari 3 anak. Dalam tugas ini, kami diperintahkan untuk melakukan observasi yang disertai partisipasi di dalamnya, yang mana tugas ini seperti acara TV “Andai Aku Menjadi”. Pertama-tama, kami disuruh mencari seorang ‘mitra belajar’ yang dapat membagi pengalaman serta pelajaran berharga dari perjuangan hidupnya. Setelah itu, kami harus melakukan wawancara yang disertai partisipasi dalam membantu pekerjaannya. Dalam melakukan kegiatan Observasi Partisipatoris ini, kami harus mendokumentasikannya baik berupa video maupun foto.

Kelompokku terdiri dari :
Amira Saraswati

Salsabila Ramadhani Imanda

Dan saya sendiri, Alvi Rosyidah

Petugas DKP yang kami jadikan mitra belajar kebetulan adalah yang sedang bertugas di Alun-alun Tugu depan Balai Kota Malang. Maka dari itulah foto profil pengenal kelompok saya tadi berlatar di Tugu Balai Kota Malang. :3

Beberapa kegiatan yang kami lakukan disana sembari ngobrol dengan Bapak Petugas DKP adalah membersihkan lumut yang menempel di bangunan tugu, menyapu sekitar tugu, menyiangi rumput liar, dan beberapa pekerjaan lain. Di bawah ini beberapa dokumentasi dari sekian banyak dokumentasi yang kami dapatkan hari itu.











 



To be honest, menurut saya pribadi, kegiatan Observasi Partisipatoris ini banyak memberikan pelajaran yang bisa saya ambil. Selain tentang kesabaran, keuletan, kesungguhan bekerja, menghargai orang lain, kegiatan ini juga mengajarkan saya untuk bersyukur. Hmmm… Paham maksud saya kan? Hehe. Kalau ngga paham nanya aja di kolom komentar :’v

Maaf sebenarnya saya ngantuk :3
Sudah dulu ya… Nanti kalau pikiran saya udah ‘bener’ akan saya revisi nih tulisan.
Ehehe.. :’D  Bye now!

XOXO
Alvi Rosyidah ^^
.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Lagu "The Masterplan" - Oasis

Analisis Lirik Lagu Little by Little - Oasis (Bagian 1) | Literal Translation dan Beberapa Catatan Penting

Terjemahan Bebas dan Analisis Lirik Lagu Little by Little - Oasis (Bagian 2)

Bahaya Jas Almamater (dan Sebangsanya)

5 Film dengan Soundtrack Lagu The Beatles

Resensi dan Review Buku Brianna dan Bottomwise [Andrea Hirata]

7 Alasan Mencela Diriku - Kahlil Gibran

Terjemahan Bebas dan Analisis Makna Lirik Lagu "Some Might Say" - Oasis

Masa Tergesa, dan Aku Ditelan Waktu | Terjemahan Bebas Lagu “I’m Outta Time” oleh Oasis

Waktu, Jawaban untuk Pikiranmu yang Tak Pernah Tenang Itu | Analisis Video dan Lirik Lagu "Only Time" - Enya