Kritik terhadap Standar Sosial serta Impian Manusia yang Terdistorsi | Analisis Lirik Lagu Californication oleh Red Hot Chili Peppers


Sering terlihat bertelanjang dada dengan style berbusana yang agak ganjil itu cukup membuat saya berada di sisi luar lingkaran target pasar Red Hot Chili Peppers. Sampai tadi pagi, saya belum pernah mendengarkan satu pun lagu dari band yang dibentuk di Los Angeles ini. Sungguh tidak pernah dengan sengaja, hingga aku membaca sepucuk surel yang tiba di kotak masuk tadi pagi. Seorang anonim yang baik memintaku mengulas sebuah lagu.

    Dengan niat setipis udara yang jika ditiup akan menghambur entah ke mana, kutuju Spotify dan mulai kuketikkan judul lagu itu. Oke, musik intro-nya cukup catchy dan enak didengar. Menyimak liriknya yang mengundang tanya, kulakukan sebuah riset kecil dengan membaca beberapa literatur. Tidak lupa, kutonton pula video musiknya. Ternyata mereka tidak seburuk itu, cukup artistik, meskipun style berpakaiannya (atau lebih tepat “style tidak berpakaiannya”) tetap ganjil, haha. Dan dakwaan terakhir saya terhadap lagu ini beserta penulis liriknya adalah: Californication, bukan main, kamu keren!

    Kawan, tak kusangka, lagu ini memuat maksud yang lebih dalam (dan kelam) yang tidak dapat disingkap hanya dengan mendengarkannya. Mari ikut denganku mendalami makna lagu ini. :)

----------------------------------


Psychic spies from China try to steal your mind's elation

And little girls from Sweden dream of silver screen quotation

And if you want these kind of dreams it's Californication

Mata-mata tak kasatmata dari Cina mencoba mencuri kebahagiaanmu

Dan gadis-gadis cilik dari Swedia memimpikan namanya ada pada film layar lebar

Dan jika kamu memimpikan hal-hal semacam ini, itulah Californication

Secara etimologis (bahasa), saya menafsirkan Californication dengan membedah morfemnya menjadi: California + -ication. California merujuk pada nama suatu daerah di Amerika Serikat di mana Hollywood dan Silicon Valley berlokasi, pusat orang-orang ngetop berada. Adapun menurut Collins Dictionary, –ication menggambarkan suatu keadaan, proses, atau pembentukan. Morfem ini biasa ditautkan dengan kata kerja (verb) untuk membentuk kata benda (noun) terkait proses. Contohnya yaitu simplify (v) > simplification (n) yang berarti keadaan/proses membuat sesuatu menjadi simpel/mudah dimengerti. Contoh lain yaitu classify (v) > classification (n) yang berarti proses melakukan klasifikasi. Dengan demikian, Californication berarti menjadikan sesuatu berubah menjadi seperti California.

Di bait pertama ini, pengarang mencoba menjelaskan fenomena-fenomena yang ia sebut sebagai Californication. Pertama, adanya teror berupa mata-mata tak kasatmata “dari Cina” yang selalu mengintai. Setelah mengeliminasi beberapa kemungkinan makna, saya pikir ada satu yang paling masuk akal dan dapat dibuktikan. Ini berkenaan dengan kamera tersembunyi yang perangkatnya hampir selalu Made in China. Perangkat ini marak dipasang di tempat-tempat taklazim seperti kamar hotel atau toilet umum di kota-kota besar. Di sela aktivitas kota yang sibuk, glamor, dan ingar bingar, keberadaan perangkat ini selalu meresahkan. Fenomena kedua yakni “gadis-gadis cilik dari Swedia yang memimpikan namanya ada pada film layar lebar”. Silver screen dapat diartikan film. Hal ini karena pada tahun 1910-an, pemutaran film layar lebar dilakukan pada layar yang dilapisi cat perak metalik dengan tujuan agar gambar terpantul dengan lebih baik. Adapun “Swedia” berfungsi menggambarkan suatu negeri yang amat jauh, belasan hingga dua puluhan jam penerbangan dari Amerika. Dengan demikian, baris kedua lirik ini menceritakan, bahkan gadis-gadis yang tinggal nun jauh pun ingin ke California untuk menjadi bintang Hollywood yang tenar dan menikmati hidup glamor.

Pada video musiknya, digambarkan seorang perempuan turun dari bus dan terlihat mencari suatu alamat. Tak lain dan tak bukan adalah alamat audisi yang di depannya mengantre gadis-gadis sebaya yang terlihat sama, seragam, sak setel.


It's the edge of the world and all of Western civilization

The sun may rise in the East, at least it settled in a final location

It's understood that Hollywood sells Californication

Ini adalah akhir dari dunia dan peradaban Barat

Matahari boleh jadi terbit di timur, paling tidak pergerakannya sudah ditentukan

Sudah pasti, Hollywood menjual Californication

    Bait ini menekankan bahwa California bukan tempat yang patut dijadikan kiblat. Pengarang yang berasal dari Los Angeles - California sendiri ini bahkan mengibaratkan fenomena ini sebagai akhir dari dunia serta peradaban. Fenomena alam seperti revolusi matahari saja masih dapat diprediksi, tidak seperti riuh rendah California yang serba tidak pasti bagi para pengadu nasib yang hijrah ke sana. Di akhir bait, pengarang mendakwa bahwa Hollywood hanya menjual gaya hidup yang belum tentu baik bagi penggunanya. Hal itu semata-mata agar mereka tertipu dan terjerumus ke dalam lingkaran setan yang tak ada habisnya.


Pay your surgeon very well to break the spell of aging

Celebrity skin, is this your chin, or is that war you're waging?

First born unicorn

Hardcore soft porn

Bayar seorang ahli bedah kulit dan hapuskan kutukan usia

Kulit bak seleb, yang sebenarnya kamu perangi itu dagumu atau sesuatu yang lain?

Unicorn keluaran pertama

Lelembut yang adiktif

Salah satu barang dagangan gaya hidup Hollywood ini adalah operasi plastik, suntik botoks, sulam ini itu, dan barang-barang lain yang makin “ada-ada saja”. Kulit seperti selebritas dan tampak awet muda adalah impian muda-mudi modern. Pengarang sampai bingung dibuatnya, apakah mereka betul-betul sebenci itu terhadap wajah dan tubuhnya, ataukah mereka hanya membenci komentar buruk dan omongan orang lain?

Baris ketiga saya maknai demikian karena unicorn merupakan makhluk khayal dengan bentuk fisik taklazim. Mau dibilang kuda, tidak juga. Dibilang burung pun tak mirip. Hal ini mirip manusia-manusia modern yang kerap melakukan operasi kecantikan sampai pada level tak mirip manusia lagi. Jika ada produk/jasa operasi model baru lagi, mereka pun menyerbunya hingga mereka merupakan output pertama (first born) dari produk teranyar tersebut.

Di baris keempat, saya memaknai “porn” dengan sesuatu yang membuat ketagihan. Mengejar validasi standar kecantikan maupun standar sosial lain terkadang membuat candu. Karena substansi yang membuat kecanduan ini bukan barang konkret layaknya porn, pil, minuman keras, dan rokok, maka dari itulah penulis menyebutnya dengan “soft”. Sementara itu, saya menerjemahkannya jadi “lelembut” karena pengin saja. Haha. Karena setan merupakan barang halus yang menyesatkan, mengancam, dan terkadang menggentayangi. Persis seperti kalau kamu sudah kecanduan sesuatu, pasti terbayang benda itu terus, kan? 😆

Dalam video musiknya, terlihat adegan di mana tokoh utama menyelam di lautan dengan hiu-hiu dan manusia-manusia yang berenangan menghindari hewan ganas tersebut. Bahwa tidak ada yang berusaha ke permukaan dan keluar dari perairan tersebut, mungkin mengisyaratkan bahwa manusia-manusia ini sebenarnya tahu dunia yang ia terjuni itu penuh risiko dan menguras mental maupun tenaga. Namun, mereka tetap bersikeras terus terlibat di dalamnya.



Dream of Californication

Dream of Californication

Memimpikan Californication …


Marry me, girl, be my fairy to the world, be my very own constellation

A teenage bride with a baby inside getting high on information

And buy me a star on the boulevard, it's Californication

Menikahlah denganku, jadilah peri bagi duniaku, jadilah konstelasi bintangku

Seorang pengantin yang mengandung, dan mabuk informasi

Dan dekatkan padaku jalan menuju bintang, itulah Californication

    Menurut saya, baris pertama menggambarkan rayuan gombal yang kerap diucapkan pria-pria borjuis modern di kota besar. Baris kedua merupakan hasil yang hampir dapat diprediksi dari rayuan-rayuan gombal itu. Khusus baris terakhir cukup sulit dipaham-hubungkan. Saya memilih interpretasi bahwa nama baik atau ketenaran (stardom) dapat dibeli (termasuk di dalamnya media dapat dibungkam), terlepas dari apa pun skandal yang pernah menjerat seseorang (contohnya skandal pada baris sebelumnya).


Space may be the final frontier, but it's made in a Hollywood basement

And Cobain, can you hear the spheres singing songs off Station To Station?

And Alderaan's not far away, it's Californication

Ruang angkasa mungkin merupakan sesuatu yang paling sedikit dipahami, tetapi itu dibuat di basemen studio Hollywood

Dan Cobain, dapatkah kau mendengar bumi menyanyikan Station To Station?

Dan Alderaan pun terlihat tidak jauh, itulah Californication

            Di sini banyak digunakan majas alusi yang merujuk pada beberapa hal. Pertama, Cobain yang merujuk pada vokalis band Nirvana, Kurt Cobain. Saat lagu ini dirilis (1999), dia sudah meninggal bunuh diri (1994). Kedua, Station To Station merujuk pada album yang dirilis oleh David Bowie. Ketiga, Alderaan merujuk pada suatu planet pada serial fiksi Star Wars.

        Menurut saya, fungsi penggunaan alusi di sini yakni menyajikan contoh produk Hollywood. Di balik kespektakuleran dan kekelamannya, itu semua merupakan hasil dari aktivitas rubanah studio Hollywood. Semua yang dicipta-timbulkan oleh Hollywood adalah palsu. Yang nyata adalah efeknya. Banyak orang harus meregang nyawa karena itu.



Born and raised by those who praise control of population

Well, everybody's been there and I don't mean on vacation

First born unicorn

Hardcore soft porn

Lahir dan dibesarkan oleh mereka yang memuja kontrol populasi

Semua orang merasakannya, dan bukan sekadar liburan saja

~ ~

    Hal ini merujuk pada populasi yang membludak seiring banyaknya pendatang yang menetap di California. Kontrol populasi dilakukan. Namun, itu juga bukan solusi karena toh pendatang terus saja berdatangan. Sebuah artikel menyajikan rekam udara perubahan antara California pramigrasi dan pascamigrasi besar-besaran. Bidang tanah yang sebelumnya merupakan wilayah agrikultur tanaman kacang ini disulap menjadi perumahan orang-orang kaya. Tidak heran jika dalam video musik Californication oleh Red Hot Chili Peppers ini pun digambarkan hal yang sama.






Destruction leads to a very rough road, but it also breeds creation

And earthquakes are to a girl's guitar, they're just another good vibration

And tidal waves couldn't save the world from Californication

Perusakan mengakibatkan bencana, tetapi juga menghasilkan kreasi

Dan gempa bumi, bagi gitar seorang gadis kecil, adalah getaran (senar) yang indah

Dan ombak pasang laut tak dapat menyelamatkan dunia dari Californication

            Tertera di atas beberapa kata bernada bencana: destruction, earthquakes, dan tidal waves. Dua yang terakhir merupakan bencana alam yang jelas penyebabnya. Namun, ketika saya mencari lebih jauh mengenai makna “destruction” di sini, saya menemukan artikel yang menarik. Di California, selain tinggi biaya hidupnya, tinggi pula angka kriminalitas, aktivitas gangster, jumlah tunawisma, kemacetan, serta kasus kecelakaan lalu lintasnya. Tidak hanya itu, hal ini dibarengi dengan rendahnya kualitas udara serta sistem tata kelola sampah yang menyebabkan banyak sampah berceceran di pinggiran jalan raya.

        Terlepas dari itu, penulis lagu memberikan semacam apresiasi pada mereka yang tetap mampu berkarya dengan jujur dan tulus di tengah destruksi/kerusakan yang terjadi di sana-sini. Kerusakan tatanan sosial ini bukan menjadikan mereka turut hanyut, melainkan melantangkan baik kritik maupun bahan renungan. Salah satu contoh yang paling dekat dengan kita warga Indonesia yaitu lagu Berita Kepada Kawan oleh Ebiet G. Ade. Di tengah tema bencana (alam), ia sekaligus menyindir sikap-sikap manusia dengan genjrang-genjreng gitarnya serta lirik-lirik puitisnya. Tidak hanya beliau, banyak musisi maupun seniman lain yang menyulap kemuakan itu menjadi inspirasi dalam berkarya.

 

Pay your surgeon very well to break the spell of aging

Sicker than the rest, there is no test, but this is what you're craving

First born unicorn

Hardcore soft porn

Bayar seorang ahli bedah kulit dan hapuskan kutukan usia

Lebih gilanya lagi, tidak ada coba-coba, tetapi kamu tetap mengidamkannya

Unicorn keluaran pertama

Lelembut yang adiktif  :D

 

Dream of Californication

Dream of Californication

Memimpikan Californication …

----------------------------------


Demikian interpretasi saya mengenai lirik sekaligus video musik lagu Californication oleh Red Hot Chili Peppers ini. Bagaimana menurut kalian? Seru tidaknya, termasuk pendapat dan kesan kalian, tuliskan di kolom komentar, ya! :)

Terima kasih sudah mampir dan membaca. 😊

 

Salam hangat,

AR. 🌹


Referensi: 1, 2, 3, 4. -- Sumber gambar: Zeeshaan Shabbir

Mulai ditulis 10 Juni 2024.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Lagu "The Masterplan" - Oasis

Analisis Lirik Lagu Little by Little - Oasis (Bagian 1) | Literal Translation dan Beberapa Catatan Penting

Terjemahan Bebas dan Analisis Lirik Lagu Little by Little - Oasis (Bagian 2)

Bahaya Jas Almamater (dan Sebangsanya)

5 Film dengan Soundtrack Lagu The Beatles

7 Alasan Mencela Diriku - Kahlil Gibran

Resensi dan Review Buku Brianna dan Bottomwise [Andrea Hirata]

Terjemahan Bebas dan Analisis Makna Lirik Lagu "Some Might Say" - Oasis

Waktu, Jawaban untuk Pikiranmu yang Tak Pernah Tenang Itu | Analisis Video dan Lirik Lagu "Only Time" - Enya