Cara Jitu Belajar Bahasa Inggris Otodidak

 
Hello there!
Selamat datang di postingan tentang cara jitu belajar bahasa Inggris otodidak ini. ^^

Sebelum melanjutkan membaca tulisan ini, ada satu syarat yang harus teman-teman penuhi: kuatkan niat untuk menguasai bahasa Inggris. Kenapa? Karena belajar bahasa asing itu butuh tekad baja dan energi ekstra. Jika kalian patah semangat di tengah jalan, merasa sia-sia dan tidak akan berhasil, kalian akan dengan mudahnya menyerah. Nah, salah satu cara menangkal putus asa adalah dengan mengingat kembali apa motivasi untuk belajar bahasa Inggris. Agar bisa berbincang dengan turis asing kah? Untuk mencapai skor tinggi di TOEFL atau IELTS? Ingin melamar beasiswa? Ingin studi ke luar negeri? Ingin jalan-jalan keliling dunia?
Apa pun itu, ingat, tidak ada yang mustahil. Everything is possible, dan semua itu butuh niat, perjuangan, ketekunan (istiqamah), dan do’a. :D

Mempelajari suatu bahasa ibaratkan perang, yang mana kecil kemungkinan akan berhasil hanya dengan angkat senjata dan bertarung habis-habisan. Lalu apa yang harus dilakukan sebelum berperang? Yap, memahami strategi lawan. Di situ kita harus mengukur seberapa besar/banyak lawan kita, dan juga memahami bagaimana lawan bekerja, sehingga kita dapat merencanakan strategi untuk menaklukkannya.

Dalam konteks belajar bahasa Inggris otodidak, pertama-tama kita harus tahu bagaimana sistem dan proses manusia dalam mempelajari bahasa. Sama halnya dengan bayi yang baru lahir dan mempelajari bahasa pertama kita (bahasa ibu – Bahasa Indonesia), mereka mulai belajar melalui mendengar (listening). Setelah sering mendengar dan tahu bagaimana cara mengucapkan suatu kata, lalu bayi mulai bisa mengimitasi dan mengucapkannya kembali (speaking). Setelah tahu pengucapannya, mereka mulai belajar membaca (reading), untuk mengetahui bagaimana rupa tulisan dari kata-kata yang mereka ucapkan. Dan di tahap akhir, mereka mulai belajar menulis (writing), untuk dapat menuliskan dengan benar kata-kata yang telah mereka pelajari.

Nah, setelah tahu dasar-dasar pemrosesan itu, yuk baca list berikut tentang cara jitu belajar bahasa Inggris otodidak (dan jangan lupa langsung diterapkan yaaa.. hehe)! :)

0. Bagi kalian yang belum mengatur settingan bahasa dalam smartphone kalian menjadi bahasa Inggris, silakan diubah dulu yaa. Ini merupakan salah satu cara agar terbiasa melihat tulisan-tulisan bahasa Inggris. (Iya, saya tau, kalian tidak pernah jauh dari gadget, kan? Heheh). Bagi yang biasanya memakai bahasa Indonesia, mungkin di awal nanti bakal sedikit bingung. Tapi tenang saja, nanti juga terbiasa. Percayalah. Wes. Stop. Ndang diubah dulu sana!

1. Banyak menonton video YouTuber dan film berbahasa Inggris.
Jika kalian membaca postingan saya yang INI, pasti kalian tahu bagaimana saya lemah di bahasa Inggris, dan dengan sering menonton YouTube, kemampuan saya meningkat secara signifikan (daripada yang awal, hehe). Beneran deh. Awalnya pakai subtitle bahasa Inggris, tapi lama-lama saya capek bacanya, jadi saya matikan, dan hanya mendengarkan dan memperhatikan si pembicara saja. And it works! Dari sini kalian bakal banyak belajar ekspresi (semacam “I got it”, “Do you know what I mean?”, “Oh my goodness”, “No problem”, dll.), cara pengucapan, dan pastinya kosakata baru. Saya ingat betul bagaimana saya yang buta YouTube tiba-tiba men-subscribe banyak YouTuber seperti Zoella, Daniel Howell, Jolly, Nigahiga, TerryTV, Subhi Taha, Ruby Granger, Joel & Lia, Thoraya Maronesy, etc. Yang kutulis diatas cuma list YouTuber topik bebas aja ya.. Untuk rekomendasi channel YouTube khusus buat belajar Bahasa Inggris bisa kalian klik DI SINI.

2. Ingat dan coba tirukan apa yang diucapkan native speaker (orang Inggris asli)
Saat nonton YouTube atau film, pasti kalian notice perkataan si pembicara. Misal, si aktor bilang “What are you doing?” untuk menanyakan apa yang sedang dilakukan lawan bicara, maka ucapkan pula apa yang mereka ucapkan. Tidak perlu setiap kalimat dalam keseluruhan video, tapi cukup apa yang menarik dan perlu untuk kalian ketahui.

3. Sering mendengarkan lagu bahasa Inggris serta memahami artinya
Tidak cukup mengikuti irama dan menyanyikannya, tapi kalian juga perlu mengetahui arti setiap kalimatnya. Biasanya, dengan cara ini, ingatan kalian tentang kosa kata baru akan lebih kuat! Setelah selesai mengartikan dan memahami artinya, go sing it again!~~~ :D

4. Rajin mendengarkan podcast, kapanpun!
Ini tips yang paling gampang dilakukan. Sambil berkendara, santai-santai, cuci-cuci, makan, menjelang tidur, coba dengarkan podcast. Walaupun kalian tidak mengerti apa yang dikatakan si pembicara, tidak masalah. Pokoknya dengarkan saja terus, karena tujuannya adalah untuk mengakrabkan telinga kalian dengan bahasa Inggris.
Bagi kalian yang belum tahu, podcast itu semacam siaran radio yang terbagi dalam episode-episode dengan tema berbeda, dan semuanya dalam bentuk rekaman sehingga bisa diakses kapan saja. Jadi misal saya punya channel podcast. Nah, disitu, saya bicara, direkam, dikumpulkan, dan diupload sehingga orang lain bisa mendengarkannya. Kalian bisa mencari Podcast apapun tentang topik yang kalian minati, semisal kisah-kisah kriminal, kehidupan pribadi yang punya channel, psikologi, bercocok tanam, travelling, dan banyak lainnya.

5. Banyak membaca bacaan berbahasa Inggris
Biasakan membaca tulisan berbahasa Inggris. Pasang target misal 1 artikel berita per hari, 1 novel per bulan, 1 cerpen per hari, dan……….…… boleh lebih. Hehe.

6. Baca meme berbahasa Inggris
Ini mah kegemaran saya. Selain ngakak dan terhibur, baca meme bahasa Inggris juga bisa memperbanyak kosa kata kalian. Dijamin cepet ingat deh. Wkwk.

7. Install aplikasi smartphone untuk belajar Bahasa Inggris
Selain kamus, kalian juga harus memasang aplikasi yang bisa mendukung pembelajaran bahasa Inggris otodidak kalian. Banyak kok. Contohnya, Memrise, Busuu, Duolingo, Tandem, HiNative, Speaky, HelloTalk, Lyrics Training, YouTube, Curiosity, dan banyak lagi. Banyak macamnya, fungsinya juga berbeda-beda, silakan telusuri Play Store, cari-cari, keyword-nya sekreatif kalian aja. :))))))))

8. Catat kosa kata baru dalam buku khusus, atau di memo smartphone, catat artinya, dan buat contoh kalimatnya.
Ini memang kedengarannya kuno, tapi kalian WAJIB melakukannya, secara konsisten, karena cara ini terbukti ampuh. Pasang target, misal 3 vocabulary per hari, lalu cari artinya, dan buat beberapa contoh kalimat untuk setiap kosa kata baru. :)

9. Gunakan kosa kata dan ekspresi yang kalian tahu untuk chattingan dan bercakap-cakap
Untuk apa tahu banyak vocabulary tapi tidak digunakan? Jadi, entah dalam chat atau saat ngobrol tatap muka, gunakan! Misal, kalau teman kalian bilang “Maaf yaa”, kalian bisa tanggapi dengan “it’s okay”, “never mind”, “no problem”, dan variasi lainnya.

10. Rekamlah vlog sederhana setiap hari
Jujur, meski agak memalukan (wkwk), cara ini saya pakai waktu semester 1-2 dulu, pas desperate banget pingin bisa kayak temen-temen kampus yang lain, lancar bicara bahasa Inggris. Setiap hari, coba bicara di depan kamera tentang 1 topik. Bikin semacam episode gitu. Episode 1 tentang introduction (diri sendiri, latar belakang, orang tua, sekolah dimana, tinggal dimana, umur berapa, hobby ngapain, dll.), terus episode 2 misal tetang kegiatan sehari-hari, dan seterusnya. Kalau bingung cari topik, cukup ceritakan apa yang ada di sekitar kalian, pengalaman hari tu, atau cari inspirasi dengan browsing-broswsing di internet. Hehe. Setelah setahun rutin rekaman, bandingkan perbedaan antara video episode 1 dan yang terakhir! :)  Siap-siap merinding dan ngakak yaa. Wkwk

11. Aktif mencari tahu dan bertanya!
Jangan pernah sungkan ataupun gengsi buat bertanya. Ada kosa kata yang ga ngerti, tanya! Ada istilah yang ga dipahami, tanya! Ada aturan tata bahasa yang ga dimengerti, tanya! Intinya keingintahuan itu penting. Dan semua harus terjawab. Jadilah orang yang tinggi rasa ingin tahunya. :)))))))


Nah. Itu tadi 12 (kita mulai dari 0, wkwk) cara jitu belajar bahasa Inggris yang bisa langsung kalian terapkan. Untuk referensi dan rekomendasi website sumber belajar bahasa Inggris dari saya, bisa kalian klik DISINI.
Sampai jumpa di postingan selanjutnya!

Cheerio!
Alvi Rosyidah
@alvrose_

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Lagu "The Masterplan" - Oasis

Analisis Lirik Lagu Little by Little - Oasis (Bagian 1) | Literal Translation dan Beberapa Catatan Penting

Terjemahan Bebas dan Analisis Lirik Lagu Little by Little - Oasis (Bagian 2)

Bahaya Jas Almamater (dan Sebangsanya)

5 Film dengan Soundtrack Lagu The Beatles

7 Alasan Mencela Diriku - Kahlil Gibran

Resensi dan Review Buku Brianna dan Bottomwise [Andrea Hirata]

Sajak Seorang Tua di Bawah Pohon - WS Rendra

Terjemahan Bebas dan Analisis Makna Lirik Lagu "Some Might Say" - Oasis

Masa Tergesa, dan Aku Ditelan Waktu | Terjemahan Bebas Lagu “I’m Outta Time” oleh Oasis