Tak Bisakah??


Dalam hati kecilku aku merenungi kalimat itu
Ia mungkin kecewa, bisa juga heran sekaligus sangsi
Aku memang bukan apa-apa
Tapi aku ingin menjadi apa-apa..
Dan disitulah letak kerumitannya.

Aku tak mampu.

Hari ini raport UTS dibagikan. Sudah kuduga disana adalah nilai yang asli.
Dan nilai yang kupermainkan benar-benar tertera disana
fiqh : 60
Bahasa Indonesia : 40
Bahasa Inggris : 60
PKn : 42

Bukankah itu deretan nilai yang mengagumkan?
aku menyukainya.
sekaligus membencinya.

Aku ingin memberontak. tapi pada siapa?
Aku ingin mengadu. tapi pada siapa?
Aku ingin marah. tapi pada siapa?
Aku ingin menangis. tapi untuk apa?
Itu sudah terjadi dan takkan kembali.
Ini benar-benar sebuah kehidupan yang melelahkan
Aku sadari itu.

Ibuku seorang guru bahasa Indonesia dan tentu akan 'bangga' dengan nilai kursi terbalikku itu.
bahkan mungkin,
Akan amat sangat 'bangga'!

Dan sekarang aku membutuhkan tanda tangannya.

Apakah aku benar-benar masih waras?
Ataukah aku sudah gila dimakan zaman?
Bagaimana bisa dengan jawaban asal dan nilai mainan aku dapat nilai seburuk itu?
Mungkin disitulah letak kepayahanku.
Aku bodoh.
Mengapa aku bisa murka dengan nilai yang kupermainkan sendiri?
 
Aku butuh jawaban.
Aku butuh pengertian.
Hanya itu.
Tak bisakah?


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Lagu "The Masterplan" - Oasis

Analisis Lirik Lagu Little by Little - Oasis (Bagian 1) | Literal Translation dan Beberapa Catatan Penting

Terjemahan Bebas dan Analisis Lirik Lagu Little by Little - Oasis (Bagian 2)

Bahaya Jas Almamater (dan Sebangsanya)

5 Film dengan Soundtrack Lagu The Beatles

7 Alasan Mencela Diriku - Kahlil Gibran

Resensi dan Review Buku Brianna dan Bottomwise [Andrea Hirata]

Sajak Seorang Tua di Bawah Pohon - WS Rendra

Terjemahan Bebas dan Analisis Makna Lirik Lagu "Some Might Say" - Oasis

Masa Tergesa, dan Aku Ditelan Waktu | Terjemahan Bebas Lagu “I’m Outta Time” oleh Oasis